Gaya Hidup Buruk Yang Turunkan Kualitas Sperma

Post On: 24 September 2018
By:
In: Foredi
September 24, 2018


Kualitas sperma adalah salah satu factor penting dalam hubungan suami istri yang hendak memiliki anak, dengan kualitas sperma yang jelek dapat membuat peluang untuk mendapatkan anak menjadi menurun dan beresiko terjadinya infertilitas.
Para pakar mengatakan ada beberapa gaya hidup buruk yang turunkan kualitas sperma oleh para pria yang tidak disadari, simak penjelasan berikut ini.

Berat badan

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa, berat badan yang berlebih dapat mempengaruhi kualitas sperma. Hal ini dikarenakan kadar lemak dalam tubuh mempengaruhi proses pembentukan sperma, sehingga proses pembentukan tidak sempurna.

Terlalu sering lembur

Sadarkah anda, kebiasaan anda melakukan pekerjaan lembur dapat membuat kualitas sperma anda menjadi sangat buruk. Itu disebabkan karena tingkat kortisol pada tubuh anda meningkat yang berimbas kualitas sperma anda menjadi menurun.
Kurang mengonsumsi sayur dan buah
Bagi anda yang hobi makan makanan cepat saji dan kurang makan sayur dan buah berhati-hatilah, sebab sperma sangat membutuhkan nutrisi yang dapat membuat kualitas sperma meningkat. Selain itu terlalu banyak makan makanan cepat saji akan membuat tubuh anda menjadi gemuk, dan hal ini membuat tingkat produksi sperma anda menurun.

Konsumsi daging olahan

Studi yang dilakukan Harvard T.H Chan School of Public Health, berhasil menemukan adanya hubungan antara konsumsi daging olahan seperti sosis, daging kalengan dan lain sebagainya dengan infertilitas. Pria yang sangat suka dengan makanan tersebut sangat kecil kemungkinan bisa mendapatkan kehamilan pada pasangannya.

Merokok

Hampir 50% pria di Indonesia melakukan hal ini, merokok adalah kebiasaan yang memiliki banyak hal negative dibanding hal positifnya. Merokok mengakibatkan rusaknya konsentrasi sperma dan menyebabkan sperma menjadi encer. Konsentrasi sperma itu sendiri merupakan sperma yang ditemukan dalam air mani, dan semakin sedikit konsentrasi sperma bisa menyebabkan terjadinya ejakulasi dini bahkan kemandulan.
Penelitian menunjukkan bahwa pria yang merokok akan mengalami penurunan konsentrasi sperma sebanyak 23%, selain itu rokok juga dapat membuat tubuh anda semakin rapuh dan akan mudah terserang banyak penyakit.

Alcohol

Alcohol ini hampir sama dengan mengonsumsi daging olahan, namun alcohol memiliki lebih banyak hal negatifnya. Salah satunya pria yang terlalu bnayak mengonsumsi alcohol akan mengalami gangguan pada koneksi otak dengan badan, selain itu dengan mengonsumsi alcohol badan akan semakin gemuk dan obesitas. Obesitas itulah yang membuat kualitas sperma menjadi sangat buruk.
Itulah beberapa gaya hidup buruk yang turunkan kualitas sperma pada pria, semoga diri anda dapat terhindar dari hal-hal diatas. Cintailah diri anda dengan menjaga kesehatan diri anda sendiri, karena dengan menjaga kesehatan anda berarti anda telah menyelamatkan masa depan anda dengan pasangan anda.

Related to Gaya Hidup Buruk Yang Turunkan Kualitas Sperma